Home » Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa

Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa

Jauh sebelum kehadiran teknologi dengan berbagai permainan gadget-nya, permainan-permainan yang dalam tanda ‘kutip’ sempat viral di kalangan peserta didik adalah rubik, flashcard, dan kartu kwartet.
Permainan-permainan tersebut bahkan menjadi salah satu media terbaik dalam membentuk ketrampilan sosial mereka dalam lingkungan sebayanya. Selain itu, permainan-permainan tersebut dapat melatih fokus, jiwa kompetitif, dan kreativitas mereka.
Nah! Oleh karena itu, sebagai slot qris

alternatif pembelajaran dengan permainan atau gamifikasi, Bapak/Ibu dapat memulainya dengan mengenalkan kembali salah satu permainan-permainan terdahulu, salah satunya rubik.

Bagaimana sih sejarah permainan rubik? dan apa saja sih manfaatnya bagi siswa? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Sejarah dan Definisi Rubik

Permainan Rubik telah menjadi fenomena global sejak pertama kali diperkenalkan oleh Erno Rubik pada tahun 1974.
Tidak hanya menjadi sebuah mainan yang menyenangkan, namun Rubik’s Cube juga membawa banyak manfaat bagi kreativitas siswa dalam pendidikan. Rubik atau yang lebih dikenal dengan nama Rubik’s Cube adalah sebuah permainan puzzle yang terdiri dari 27 kubus kecil dengan ukuran 3x3x3. Seiring berjalannya waktu, rubik terus mengalami perkembangan mulai dari standar rubik, master rubik, profesor rubik, dan ultimate rubik.

Namun, walaupun terbagi ke dalam beberapa level dan tingkatan, tujuan permainan ini tetap sama yaitu menyusun kubus-kubus tersebut hingga memiliki sisi dengan warna yang sama.

Saat bermain rubik, peserta didik harus selalu fokus dan teliti agar tidak melewatkan setiap tahapan.

Apabila salah satu tahapan keliru maka akan mengacaukan tahapan-tahapan selanjutnya sehingga menyebabkan permainan tidak selesai dengan maksimal.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu manfaat utama dari permainan Rubik adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Membiasakan siswa berpikir kritis dan fokus dapat menjadi langkah awal Bapak/Ibu untuk membentuk pribadi yang berkualitas.
Oleh karena itu, yuk ketahui berbagai manfaat permainan rubik bagi siswa! Simak penjelasan sampai akhir ya!

Manfaat Rubik bagi Kreativitas Siswa

Dalam memecahkan teka-teki, siswa harus berpikir secara kreatif dan maju dengan mencoba berbagai cara untuk menyelesaikan teka-teki.

Ini memaksa siswa untuk berpikir dari berbagai sudut pandang. Dalam pendidikan, permainan Rubik dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang menarik dan efektif.
Selain dapat meningkatkan kreativitas siswa, permainan Rubik juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, permainan Rubik dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, Rubik juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang akan sangat berguna dalam memecahkan masalah di dalam dan di luar kelas dan bermanfaat bagi kreativitas siswa dalam pendidikan.

admin7

Kembali ke atas