Home » Beberapa Game Yang Dianggap Plagiat

Beberapa Game Yang Dianggap Plagiat

Terkadang, dalam industri game, ada kontroversi terkait dengan keaslian dan originalitas sebuah game. Beberapa game telah dituduh sebagai plagiat atau memiliki kesamaan yang mencolok dengan game lain. Berikut adalah beberapa contoh game yang pernah menjadi kontroversi terkait plagiat:

  1. Fortress Night (Fortnite) vs. PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG):
    • Kontroversi: Fortnite Battle Royale dirilis setelah kesuksesan PUBG dan memiliki konsep yang mirip, yaitu pertempuran royale dengan konsep yang serupa seperti mengumpulkan senjata dan bertahan sebagai satu-satunya pemain atau tim yang tersisa.
    • Penyelesaian: Meskipun ada perdebatan tentang konsep dan kemiripan gameplay, keduanya memiliki perbedaan dalam gaya seni, mekanika permainan, dan audiens target.
  2. Threes! vs. 2048:
    • Kontroversi: Threes! adalah permainan puzzle asli yang dirilis pada tahun 2014. Beberapa bulan kemudian, 2048 muncul dengan konsep yang sangat mirip, menggunakan ide dasar yang serupa tetapi dengan desain yang lebih sederhana.
    • Penyelesaian: 2048 menjadi sangat populer dan menerima kredit dari kreativitasnya meskipun sangat mirip dengan Threes!, yang terlebih dahulu merintis konsep tersebut.
    • Caranya sangatlah ringan hanya perlu kamu mendaftarkan diri jadi bagian gacor, kamu telah mengawali mencari keuntungan rtp live yang terlampau banyak. Join slot nexus bersama terpercaya bukanlah perihal yang tidak biasa, sebab kalau kamu mendaftar disini kalian tentunya akan terima promo.
  3. Squishy Bird vs. Flappy Bird:
    • Kontroversi: Squishy Bird adalah game yang sangat mirip dengan Flappy Bird, yang mendadak populer pada tahun 2014. Meskipun beberapa aspek gameplay berbeda, seperti tampilan grafis dan nama, mekanika dasarnya hampir identik.
    • Penyelesaian: Squishy Bird akhirnya ditarik dari toko aplikasi setelah dikritik karena mirip secara mencolok dengan Flappy Bird.
  4. Candy Crush Saga vs. Bejeweled:
    • Kontroversi: Candy Crush Saga, meskipun memiliki elemen tambahan seperti peta permainan dan permen yang bergerak, banyak yang menganggap memiliki kesamaan yang signifikan dengan Bejeweled, permainan puzzle match-three yang sudah ada sebelumnya.
    • Penyelesaian: Candy Crush Saga tetap menjadi salah satu permainan paling populer, meskipun ada diskusi tentang inspirasi dan kemiripannya dengan Bejeweled.

Kasus-kasus di atas menunjukkan bahwa dalam dunia game, sering kali terjadi perselisihan tentang konsep, mekanika, atau elemen desain yang mirip antara beberapa game. Pengembang dan komunitas game sering kali memperdebatkan batas-batas antara inspirasi dan plagiat, yang sering kali bergantung pada perspektif dan interpretasi individu.

admin2

Kembali ke atas